Syarat dan Ketentuan | Travelaja

Travelaja (selanjutnya disebut "travelaja" atau "Layanan" atau "Kami") merupakan aplikasi perjalanan online pribadi yang memberikan informasi terkait travel & tourism sehingga dapat menciptakan experience yang baik dalam perjalanan wisata yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (selanjutnya disebut "TELKOM").

Saat menggunakan Layanan Travelaja. Pengguna (selanjutnya disebut "Anda" atau "Pengguna") tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Travelaja).

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs dan /atau aplikasi Travelaja, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Ketentuan Penggunaaan ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda tidak dapat menggunakan Layanan.

  1. Ketentuan Penggunaan Travelaja
    1. Definisi
      Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:
      1. Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada situs dan/atau aplikasi Travelaja.
      2. Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun nonelektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.
      3. Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.
      4. Pengguna adalah Pengunjung Layanan dan/atau situs https://travelaja.id.
      5. Konten adalahseluruh informasi yang dibuat dan/atau disusun dan/atau dikembangkan dan/atau dikelola oleh Mitra Penyedia dan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada teks atau tulisan atau ulasan, tautan, gambar, kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara atau musik, judul, deskripsi dan/atau setiap data dalam bentuk apapun yang dilakukan oleh Mitra Penyedia dan Pengguna.
      6. Inventory Pariwisata adalah produk yang ditawarkan Mitra Penyedia meliputi namun tidak terbatas pada akomodasi, transportasi, paket tour, souvenir, kuliner dan lain-lain.
      7. Mitra Penyedia adalah pihak yang menyediakan Inventory Pariwisata.
      8. Pengguna adalah pihak yang sudah memiiki Akun dan/atau menggunakan Layanan.
    2. Lingkup Layanan Travelaja
      1. Travelaja adalah produk digital dibidang Travel & Tourism yang memiliki beberapa fungsi, salah satunya Travelaja Personal, yaitu platform untuk pribadi/personal yang tidak hanya melakukan pemesanan inventory pariwisata tetapi juga memberikan rekomendasi berupa konten pariwisata untuk meningkatkan awareness terhadap destinasi-destinasi pariwisata yang tersembunyi (hidden gems).
      2. Travelaja dapat diakses melalui situs https://travelaja.id/ atau aplikasi yang dapat diunduh baik melalui google playstore maupun Appstore.
      3. Dalam penyediaan Inventory Pariwisata, Kami bekerja sama dengan Mitra Penyedia.
      4. Informasi, Konten, dan/materi yang berkaitan dengan Inventory Pariwisata adalah milik dan tanggung jawab Mitra Penyedia. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa ketiga hal tersebut disajikan secara lengkap dan akurat.
      5. Konten yang di tampilkan oleh Pengguna tidak boleh melanggar ketentuan yang bersifat pornografi, berbahaya, tidak senonoh, dan hal - hal lain yang melanggar ketentuan hukum. Apabila terbukti melanggar ketentuan hukum, maka Kami berhak untuk menurunkan dan/memblokir Konten tersebut.
    3. Penggunaan Akun dan Perilaku
      1. Hanya Pengguna yang memiliki akun Travelaja yang dapat menggunakan layanan Travelaja.
      2. Untuk membuat Akun Travelaja, Anda diminta untuk memberikan beberapa informasi dan data pribadi Anda. Sehubungan dengan pembuatan Akun Travelaja dan penggunaan Layanan Travelaja, Anda setuju untuk memberikan informasi dan data pribadi Anda secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada Travelaja ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:
        1. Nama Lengkap;
        2. Email;
        3. No. Telepon;
        4. Jenis Kelamin;
        5. Kota Tempat Tinggal; dan
        6. Tanggal Lahir
      3. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan akun dan password Anda.
      4. Layanan Travelaja pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yuridiksi. Pengguna dan/atau Pelanggan berusia di bawah umur yang menggunakan Layanan Travelaja menjadi tanggung jawab pribadi orangtua/wali dari Pengguna dan/atau Pelanggan
      5. Apabila Anda memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau data pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Travelaja berhak menolak permohonan pembuatan Akun Travelaja dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Travelaja yang diberikan kepada Anda.
      6. Travelaja berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun Travelaja sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun Travelaja.
      7. Anda bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaanpasswordAkun Travelaja Anda.
      8. Anda menyetujui untuk segera memberitahukan Travelaja mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun Travelaja atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan akun Anda secepat mungkin.
      9. Apabila terdeteksi bahwa Anda tidak melakukan aktivitas apapun pada situs maupun aplikasi Travelaja dalam jangka waktu 1 (satu) tahun, Travelaja berhak untuk menonaktifkan akun Anda.
      10. Anda memahami bahwa setiap penggunaan Layanan yang disediakan oleh Mitra Penyedia, Travelaja dapat melakukan pemblokiran baik sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen yang disebabkan adanya fraud, penipuan atau perbuatan melawan hukum lainnya atas dasar dilanggarnya Ketentuan Penggunaan ini atau atas adanya permintaan dari :
        1. Pengguna
        2. TELKOM
        3. dan/atau Lembaga Pemerintah yang berwenang
    4. Pembatalan, Biaya Tambahan, Refund
      1. Dengan membuat pemesanan, pesanan atau reservasi melalui Layanan, Anda menerima dan setuju dengan Ketentuan Penggunaan yang berlaku, termasuk yang berkaitan dengan kebijakan tentang pembatalan dan/atau ketiadaan, atau sehubungan dengan permintaan khusus Anda terhadap Layanan. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran Ketentuan Penggunaan yang telah disepakati atau yang didasarkan pada permintaan khusus Pengguna, sehingga harap membaca Ketentuan Penggunaan dengan cermat.
      2. Sehubungan dengan pembatalan yang Anda lakukan, Travelaja mungkin dapat menahan atau mengambil bagian dari jumlah yang dibayarkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan sehubungan dengan pembatalan.
      3. Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban terhadap dibatalkannya penerbitan e-tiket, e-voucher, atau transaksi lainnya akibat kesalahan Pengguna dalam melakukan input nominal yang perlu ditransfer dan/atau pembayaran yang dilakukan tidak dengan metode pembayaran resmi yang tersedia di Layanan Travelaja, dan pembayaran yang dilakukan lewat dari batas waktu yang ditentukan.
      4. Untuk mengajukan refund, Anda wajib melengkapi detail refund dan mengecek kembali detailnya sebelum pengajuan dilakukan.
      5. Setelah pengajuan refund, Anda wajib melakukan pengecekan kembali atas status refund melalui menu riwayat refund.
    5. Hak Kekayaan Intelektual
      Hak atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan Travelaja ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak mana pun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Anda menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke Travelaja dengan menghubungi kontak yang tersedia.
    6. Pembayaran
      1. Anda setuju untuk membayar segala jenis materi dan informasi berbayar yang ditetapkan oleh Travelaja
      2. Untuk semua bentuk reservasi, Anda harus melakukan pembayaran sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Jika pembayaran tidak dilakukan, maka Travelaja berhak untuk membatalkan semua reservasi atau mengabaikan proses pemesanan.
      3. Pengguna setuju bahwa Travelaja melakukan transaksi dengan menggunakan beberapa metode pembayaran, yaitu:
        1. Transfer Bank sebagaimana yang tercantum dalam Situs dan Aplikasi;
        2. Virtual Account;
        3. Kartu Kredit
      4. Untuk metode pembayaran melalui transfer bank sebagaimana poin 6.c.i, Pengguna wajib menyertakan bukti pembayaran dan bukti reservasi sebagaimana tercantum dalam email konfirmasi yang dikirimkan oleh pihak Travelaja sebagai mitigasi risiko terjadinya kesalahan dalam proses.
      5. Untuk metode pembayaran kartu kredit sebagaimana poin 6.c.iii, Anda harus mengikuti prosedur yang dinyatakan oleh Travelaja dan/atau penyedia layanan pembayaran terkait.
      6. Perlu diperhatikan bahwa Kami bekerja sama dengan pihak ketiga tersebut poin 6.c di atas terkait proses pembayaran untuk menyediakan Pengguna metode pembayaran yang paling nyaman dan aman;
      7. Setelah Anda melakukan pembayaran penuh, Travelaja akan menempatkan pesanan dan mengeluarkan kode reservasi, yang akan disertai dengan:
        1. Kode Pemesanan;
        2. Nama Pemesanan;
        3. Nomor Pemesanan;
        4. Rincian Pemesanan;dan
        5. Nomor Telepon
      8. Travelaja tidak menjamin pengembalian pembayaran apabila terjadi pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan ini.
    7. Hak dan Kewajiban
      1. Konten yang tersedia di Layanan (termasuk infrastruktur perangkat lunak yang digunakan untuk menyediakan Konten) sepenuhnya dimiliki oleh Travelaja dan/atau Mitra Penyedia . Anda dapat menggunakan Layanan tersebut untuk menaruh pesanan dan Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak akan mengajukan permintaan reservasi palsu atau spekulatif untuk mengantisipasi pemesanan yang tersedia. Anda dengan ini menyatakan untuk memastikan bahwa informasi pembayaran yang Anda berikan adalah benar dan sepenuhnya akurat, alamat surat menyurat dan/atau rincian informasi kontak Anda.
      2. Anda setuju untuk tidak menggunakan Layanan atau Konten untuk tujuan komersial baik secara langsung maupun tidak langsung selain untuk penggunaan pribadi. Anda dilarang menggunakan Layanan atau Konten untuk tujuan yang melanggar hukum dan/atau melakukan tindakan yang melanggar Ketentuan Penggunaan tersebut k ecuali dengan kesepakatan tertulis dari Travelaja. Anda setuju untuk tidak memodifikasi, menyalin, mendistribusikan, mengirimkan, menampilkan, mereproduksi, mempublikasikan, melisensikan, menciptakan karya turunan dari, mentransfer, atau menjual atau menjual kembali setiap informasi, perangkat lunak, produk atau Layanan yang diperoleh sehubungan dengan Layanan.
      3. Travelaja mempunyai hak untuk melakukan moderasi dan menurunkan Konten yang diupload oleh Pengguna dengan terlebih dahulu melakukan pemberitahuan apabila terdapat indikasi melanggar baik Ketentuan Penggunaan ini maupun ketentuan hukum lainnya.
    8. Layanan dan Batasan Tanggung Jawab
          Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan Data yang terkandung dalam sistem elektronik Travelaja untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.
          Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs Travelaja untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, "Sistem").
          Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.
          Travelaja dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik Travelaja.
    9. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum
      1. Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan Travelaja atas keinginan sendiri dan Layanan Travelaja diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
      2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
        1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Travelaja;
        2. Harga Layanan Travelaja yang telah disediakan oleh Partners;
        3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Travelaja;
        4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
        5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
        6. Perselisihan antar Pengguna;
        7. Pencemaran nama baik pihak lain;
        8. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM ataupun kelalian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
        9. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan Travelaja;
        10. Gangguan bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Travelaja;
        11. Kerusakan pada pernagkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan Travelaja;
        12. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna;
        13. Force Majeure;
    10. Kritik dan/atau Saran
      1. Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan/ atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan Travelaja, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan dengan melampirkan identitas Pengguna dan/atau Pelanggan ke:
        1. Secara tertulis melalui: email support@travelaja.id atau WhatsApp ke +62 811-1069-222
        2. Langsung ke alamat lengkap: Tribe Travel and Tourism, Gedung Plasa TelkomVision, Jln. Prof. Dr. Soepomo, SH. No. 139 Jakarta 12810 - Indonesia
      2. Dalam hal adanya penambahan, pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website https://travelaja.id.
      3. Travelaja akan melakukan verifikasi data Pengguna dan/atau Pelanggan dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem Travelaja. Travelaja berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem Travelaja.
      4. Travelaja akan melakukan pemeriksaan dan/ atau investigasi atas pengaduan Pengguna dan/atau Pelanggan Travelaja serta memberikan jawaban kepada Pengguna dan/atau Pelanggan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Travelaja setelah Travelaja menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.
    11. Force Majeure
      1. Travelaja dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
      2. Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, Travelaja dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/ atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.
    12. Penghentian
      1. Travelaja akan memberikan pemberitahuan sebelumnya jika terdapat perubahan, penundaan, tidak melanjutkan atau menghentikan Layanan dengan alasan tertentu, memiliki kebijaksanaan tunggal dan penuh untuk mengubah, menunda, tidak melanjutkan atau menghentikan Layanan ini dan/atau penggunaan Layanan ini, atau bagiannya, kapan saja dengan alasan apapun tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
      2. Dalam hal terjadi penghentian, Anda tetap terikat oleh kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan, ganti rugi, pelepasan dan pembatasan kewajiban yang telah Anda sepakati.
      3. Travelaja tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau pihak ketiga manapun atas penghentian atau penangguhan akses Anda ke Layanan.
    13. Penyelesaian Perselisihan
      1. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
      2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.
    14. Hukum yang Berlaku
          Ketentuan penggunaan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).
    15. Ketentuan Penutup
          Ketentuan Penggunaan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak Travelaja pada tanggal (26/07/2022)